Tips Memilih Perusahaan Sekuritas

Untuk memulai investasi saham maka hal yang pertama kita lakukan adalah memilih perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas merupakan anggota bursa yang memiliki izin untuk memperjualbelikan efek atau surat berharga, sekaligus menjadi perantara bagi investor untuk bertransaksi saham. Sedangkan Bursa Efek Indonesia (BEI) hanya berperan sebagai penyedia sistem dan regulasi yang berkenaan dengan kegiatan pasar modal. Sehingga untuk bertransaksi saham kita tidak dapat langsung ke BEI, melainkan harus melalui perusahaan sekuritas.

Berikut ini faktor-faktor yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih perusahaan sekuritas:

1. Perusahaan Sekuritas yang Legal

Perusahaan sekuritas yang kita pilih harus terdaftar dan diawasi Oleh OJK, untuk mengeceknya Anda bisa melihat di website BEI.

2. Syarat Deposit Awal Minimum

Besaran setoran awal minimum setiap perusahaan sekuritas berbeda-beda, tergantung kebijakan masing-masing perusahaan sekuritas. Deposit awal ini akan masuk ke RDI (Rekening Dana Investor) kita yang bisa digunakan untuk membeli saham atau dapat ditarik lagi dananya ke rekening bank kita.

Sebaiknya kita jangan terpaku oleh syarat deposit awal minimum yang rendah, melainkan kita juga harus memperhatikan fitur & layanan yang diberikan oleh perusahaan sekuritas.

3. Biaya Transaksi Jual/Beli Saham

Setiap transaksi jual/beli saham pastinya dikenakan biaya transaksi, biasanya sekitar 0.1% hingga 0.3% untuk transaksi beli dan 0.2% hingga 0.4% untuk transaksi jual tergantung kebijakan masing-masing perusahaan sekuritas. Biaya transaksi sering kali menjadi perhatian investor yang aktif karena dengan biaya transaksi yang rendah tentunya lebih menguntungkan.

4. Biaya Pemeliharaan Akun

Ada perusahaan sekuritas yang menerapkan biaya pemeliharaan akun dan ada pula yang tidak (gratis).

5. Bank Rekening Dana Nasabah (RDN) Sama Dengan Rekening Bank Utama (Sehari-hari) Kita

Jika berbeda, maka kita akan dikenakan biaya transfer antar bank saat mentransfer dana dari/ke RDN.

6. Pilihan Membuka Akun Secara Online

Saat ini banyak perusahaan sekuritas yang sudah menyediakan layanan pembukaan rekening secara online, tentunya ini dapat menghemat waktu dibandingkan kita harus datang langsung ke kantor perusahaan sekuritas apalagi kalau kantornya berada jauh dari tempat tinggal kita.

7. Lama Proses Pembukaan Rekening

Saat mendaftar menjadi nasabah suatu perusahaan sekuritas maka kita akan dibuatkan 2 rekening, yaitu rekening efek itu sendiri dan RDN (Rekening Dana Nasabah). Biasanya proses tersebut memakan waktu sekitar 1 hari hingga 1 minggu tergantung perusahaan sekuritas masing-masing.

8. Memiliki Fasilitas Online Trading yang Canggih

Masing-masing perusahaan sekuritas memiliki platform/software online trading yang berbeda-beda. Fitur-fitur seperti charting tools, stock screener, dll tentunya dapat membantu investor dalam melakukan analisa suatu saham.

9. Edukasi yang Diberikan

Edukasi sangatlah penting terutama bagi pemula yang baru memulai investasi saham. Edukasi yang diberikan oleh perusahaan sekuritas bermacam-macam, ada yang melalui pemberian materi, kelas edukasi secara langsung, kelas online atau webbinar, melalui pialang atau equity sales-nya nasabah.

10. Informasi dan Rekomendasi Saham

Informasi dan rekomendasi saham sangat berguna jika Anda tidak memiliki waktu untuk menganalisa saham secara mandiri.

11. Real Time Market Info

Real time market info memberikan informasi mengenai aktifitas transaksi yang sedang terjadi sehingga kita bisa tahu saham mana saja yang baru ditransaksikan. Ada perusahaan sekuritas yang memberikan real time market info secara gratis dan ada juga yang berbayar.

12. Fasilitas Margin

Dengan fasilitas margin kita dapat membeli saham melebihi dari dana yang kita miliki, dengan kata lain menggunakan dana “pinjaman”. Trader saham yang aktif sering kali memanfaatkan fasilitas margin untuk mengoptimalkan strategi transaksinya, namun tentunya dengan dikenakan biaya bunga per hari tergantung kebijakan perusahaan sekuritas masing-masing

Kesimpulan

Memilih perusahaan sekuritas yang sesuai dengan kebutuhan kita merupakan langkah awal dalam berinvestasi saham. Dan yang terpenting perusahaan sekuritas yang kita pilih terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Edukasi Saham / Opening Account Mirae