5 Tips Untuk Trading Saham yang Aman

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa itu trading saham dan bagaimana cara memulainya, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan mengenai tips-tips untuk trading saham yang aman. Berikut ini 5 tips untuk trading saham yang aman:

Jangan mengalokasikan resiko lebih dari 10% pada setiap posisi trading. Bahkan jika Anda merupakan trader saham berbakat, jangan mengalokasikan kerugian atau stoploss lebih dari 10% dari nilai portofolio Anda. Hal itu agar dari setiap kerugian tidak mengganggu psikologi dan mental Anda untuk trading lagi. Anda harus selalu disiplin mengenai manajemen resiko seperti ini sehingga Anda memiliki modal yang cukup untuk melakukan trading pada kesempatan bagus berikutnya.

Berlatih, berlatih, berlatih. Tetapi tidak dengan uang sungguhan. Tidak ada yang lebih baik dari pengalaman langsung, tekanan rendah, yang dapat diperoleh trader melalui alat perdagangan virtual yang ditawarkan oleh bebeberapa broker saham online. Jika tidak ada, maka Anda bisa berlatih dengan uang sungguhan namun dengan modal yang sangat sedikit.

Turunkan risiko dengan memperbesar volume lot secara bertahap. Ketika Anda untung maka jangan langsung percaya diri untuk memasang lagi posisi trading dengan lot yang jauh lebih besar, melainkan Anda harus menaikkannya secara bertahap. Ingatlah untuk tidak serakah dan bersabar dalam mencari keuntungan di dunia

Pelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis saham. Setiap saham memiliki karakteristik pergerakan yang berbeda, oleh sebab itu jangan perlakukan semua saham dengan sama. Contoh menggolongkan saham adalah berdasarkan kapitalisasinya yaitu ada saham first liner (blue chip), second liner, third liner. Selain itu penggolongan berdasarkan sektor industrinya yaitu saham sektor tambang, sektor konsumsi, sektor finansial, dll.

Pilih perusahaan sekuritas yang tepat. Perusahaan sekuritas yang tepat dapat membantu kesuksesan Anda dalam trading karena masing-masing perusahaan sekuritas menawarkan fitur & layanan yang berbeda-beda. Untuk trading saham sebaiknya Anda pilih perusahaan sekuritas yang menawarkan fee beli & jual rendah, serta aplikasi online trading yang cepat, stabil, serta memiliki fitur lengkap. Selain itu, beberapa perusahaan sekuritas juga menawarkan layanan edukasi gratis bagi Nasabahnya, hal ini berguna bagi nasabah yang ingin menambah ilmu mengenai analisa teknikal maupun fundamental mengenai saham.

Dan tips yang terakhir yaitu nikmatilah apa yang Anda lakukan. Cobalah untuk menonton film mengenai dunia saham seperti film Wall Street (1987) yang menceritakan tentang trader saham kelas kakap.

Share:

1 thought on “5 Tips Untuk Trading Saham yang Aman”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Edukasi Saham / Opening Account Mirae